14 Cara Self Improvement

Cara Self Improvement Terbaik

Cara self improvement – Anda yang sering berpikiran negatif, malas berolahraga dan tidur tidak teratur. Itu artinya anda membutuhkan self improvement untuk perubahan dan perbaikan diri untuk lebih baik lagi.

Dalam kehidupan kita, kita tentu tidak ingin terus berada di zona yang belum berkembang. Kami selalu ingin menjadi lebih baik dan mencapai lebih banyak tujuan. Perbaikan diri ini disebut perbaikan diri.

Pengertian Self Improvement

Pengertian Self Improvement
Pengertian Self Improvement

Beberapa dari Anda mungkin tahu kata ini dengan baik, tetapi sulit untuk mengungkapkannya dengan kata-kata. Sederhananya, self improvement itu perbaikan diri.

Seluruh masalah perbaikan diri adalah upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas seseorang untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ini dapat mencakup pengembangan bakat dan potensi, peningkatan kualitas hidup dan kesehatan, dan pengembangan kesadaran dan identitas diri.

Perbaikan diri benar-benar bekerja tidak hanya pada individu tetapi juga pada tenaga kerja yang terlibat dalam organisasi.

Pentingnya Self Improvement

Pentingnya Self Improvement
Pentingnya Self Improvement

Pertama, perbaikan diri melibatkan kesadaran diri. Karena, hal baik dan buruk terjadi pada Anda setiap hari. Dengan meningkatkan diri sendiri, Anda akan menjadi lebih sadar akan siapa diri Anda, pikiran Anda, dan bagaimana perasaan Anda ketika ada yang salah.

Kedua, peningkatan membantu Anda mengetahui keterampilan apa yang Anda miliki dan seberapa besar keterbatasan Anda. Ini akan memberi Anda ide yang lebih baik tentang di mana harus menetapkan tujuan dan bagaimana mencapainya.

Ketiga, perbaikan diri memiliki efek positif pada kesehatan mental. Anda tidak akan memikirkan kegagalan, Anda tidak akan lagi membenci diri sendiri, dan belajar mencintai diri sendiri.

Anda melakukan yang terbaik untuk tetap berhubungan tidak hanya dengan diri Anda sendiri tetapi juga dengan orang-orang di sekitar Anda. Ini secara langsung akan menyelamatkan Anda dari kecemasan parah dan penyakit mental yang membutuhkan perawatan.

Cara Memulai Self Improvement

Cara Memulai Self Improvement
Cara Memulai Self Improvement

Anda dapat menyertakan perbaikan diri dengan melakukan aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana menjadi orang yang lebih baik dari kemarin.

Cobalah untuk tidur lebih baik

Terlambat menonton film atau bermain ponsel, bahkan di malam hari, mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk bersantai. Keesokan harinya Anda tertidur, marah, dan akhirnya merasa mendung. Ini pasti akan memberi Anda hari yang baik, bukan?

Kalau kamu sudah punya self improvement, kamu pasti akan berpikir, “Wah, aku seperti ini. Aku telat kemarin. Aku harus tidur tepat waktu hari ini.

Pikiran-pikiran ini muncul karena Anda tahu sebelumnya bahwa perilaku Anda salah dan tubuh Anda perlu dirawat. Anda dapat meningkatkan kualitas tidur dengan menghindari gangguan tidur, dengan tidak minum kopi di sore hari, dan dengan mandi air hangat sebelum tidur sepanjang hari.

Lebih emosional tentang lingkungan Anda

Anda bisa menjadi tipe orang yang sebelumnya acuh tak acuh. Tetapi, begitu Anda memperbaiki diri, Anda merasa bahwa sikap ini perlu diubah. Karena Anda perlu lebih peka terhadap keadaan dan orang-orang di sekitar Anda untuk memperbaiki diri.

Anda mencoba mengidentifikasi orang-orang di sekitar Anda, mungkin dengan memasuki kantor dan mengucapkan “halo” atau “selamat pagi” atau dengan tersenyum saat bertemu rekan kerja Anda.

Dengan menerapkan contoh perbaikan diri ini, orang lain mungkin merasakan kehadiran Anda. Selain itu, Anda akan dapat berkomunikasi dengan orang lain, bahkan jika Anda tidak memiliki kontak dekat dengan mereka.

Berbuat baik kepada orang lain dan diri sendiri

Selain menjadi lebih ramah, perbaikan diri dapat dicapai dengan berbuat baik kepada orang-orang di sekitar Anda. bagaimana? Berbuat baik pada kepala orang lain membuat Anda merasa baik dan bahagia, bukan? Selain itu, langkah ini merupakan tanda bahwa Anda mensyukuri apa yang Anda miliki dan apa yang Anda rasakan.

Berbuat baik melibatkan banyak hal, seperti menyumbang kepada yang membutuhkan, mengutamakan angkutan umum, membuang sampah, mendonorkan darah, atau memberi makan kucing jalanan.

Berbuat baik tidak hanya untuk orang lain tetapi juga untuk diri sendiri. Caranya adalah dengan menjaga diri Anda tetap sehat dan bahagia dengan langkah-langkah yang sehat. Anda dapat meningkatkan ketenangan pikiran dengan lebih rajin beribadah, menjaga pola makan yang sehat, meningkatkan kesehatan, dan menghargai diri sendiri atas keberhasilan Anda.

Berdamai dengan diri sendiri dan orang lain

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Setelah itu Anda akan merasa bersalah dan beberapa akan membenci Anda.

Namun, Anda harus tahu bahwa hidup dengan penyesalan, menyakiti, dan membenci diri sendiri dan orang lain pada akhirnya akan menyakiti Anda.

Menurut situs University of Minnesota, pikiran dan perasaan negatif menjadi semakin intens, yang dapat menyebabkan kecemasan, melemahkan sistem kekebalan, dan meningkatkan risiko penyakit serius.

Dengan memperbaiki diri, Anda tidak akan hanya duduk diam dan menyesalinya. Anda berdiri dan mencoba berdamai dengan diri sendiri dan orang lain yang menuduh Anda. Melepaskan semua tekanan itu akan membantu Anda bergerak maju.

Cara Self Improvement

Cara Self Improvement
Cara Self Improvement

Apakah Anda benar-benar ingin belajar bagaimana memperbaiki diri? Berapa kali kita bertanya pada diri sendiri apakah kita akan lebih terorganisir dan lebih efektif? Dibutuhkan upaya nyata untuk memulai sekarang untuk menjadi orang yang lebih efektif dan terorganisir.

Adalah umum bagi Anda untuk memperbaiki diri menjadi orang yang lebih baik.

Kunci perbaikan diri adalah keinginan dan motivasi kita yang kuat. Jadi bagaimana kita bisa menemukan motivasi dan keinginan untuk perubahan yang datang dari dalam diri kita?

Ada 4 poin jawaban, yaitu;

  1. Segera bergerak dan mulailah melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Sekalipun tindakan yang Anda lakukan lambat, setidaknya Anda merasakan prosesnya dan bersiaplah untuk menunggu hasilnya.
  2. Menyerang kemalasan, terutama kemalasan yang berkepanjangan. Sedikit tekanan diperlukan untuk menghilangkan rasa malas. Perasaan kita sudah ‘kehabisan bensin’ secara emosional. apa kabar? Triknya adalah mulai bergerak dan jangan malas lagi. Anda tahu, tekanan memiliki efek positif pada kami. Tekanan positif sangat menggembirakan. Contoh nyata dari tekanan positif adalah dorongan dari keluarga, teman, anggota komunitas, atau komunitas.
  3. Lupakan kejatuhan, dorong kejatuhan.
    Kekalahan adalah hal biasa bagi kebanyakan orang. Jika kita kuat, kita tidak akan berkecil hati jika tidak mendapatkan apa yang kita inginkan. Jadikan kegagalan sebagai motivasi dan pengetahuan baru untuk mencapai tujuan kita. Lanjutkan untuk merencanakan dengan hati-hati dan jika Anda gagal lagi, terima saja kegagalan Anda dan lanjutkan. Anda tidak ingin frustrasi jika Anda tidak bisa mendapatkan nada yang tepat, jadi berinvestasilah dalam capo yang bagus.
  4. Motivasi diri.
    Dan yang terpenting, motivasi yang datang dari dalam. Jika kita benar-benar menginginkan sesuatu, tidaklah cukup dengan melakukan semua yang kita bisa untuk mendapatkannya. Tekanan memberi Anda motivasi untuk mencapai tujuan Anda, tetapi motivasi memberi Anda keinginan positif untuk meningkatkan keinginan Anda menjadi lebih kuat.

Dengan beberapa strategi di atas, kita dapat mengatasi tantangan mewujudkan kebutuhan atau obsesi kita. Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana kita menerapkan konsep ini pada langkah-langkah praktis? Jawabannya sederhana. Perbaikan diri bisa dilakukan dengan mengikuti seminar atau pelatihan yang berhubungan dengan meja kerja Anda. Kejar ilmu, uang akan datang. Karena dengan banyak ilmu, nilai-nilaimu berbeda di masyarakat. Salah satu pilihan keterampilan yang dapat Anda buat adalah melatih keterampilan berbicara di depan umum. Jika Anda tertarik, silakan klik tautan ini untuk informasi lebih lanjut tentang program pelatihan.

Self Improvement yang Bisa Anda lakukan

Self Improvement yang Bisa Anda lakukan
Self Improvement yang Bisa Anda lakukan

Tentukan waktunya dan segera apply

Semua rencana Anda akan sia-sia jika tidak segera dilaksanakan. Mulailah mengerjakannya dan satu-satunya cara untuk memulai adalah mengambil tindakan sekarang, bukan besok atau lusa. Periksa kalender Anda dan tetapkan tenggat waktu Anda sendiri agar semua agenda selesai tepat waktu.

Buat tujuan kecil tetap sederhana.

Penting juga bagi Anda untuk membuat tampilan kecil dan mudah diakses, seperti acara Anda, untuk mewujudkan visi utama Anda. Jika kita mulai dengan gambaran besar, itu sulit. Selain rintangan besar, bahaya jatuh juga menimpa kita.

Tidak ada salahnya kita mengerjakan visi kecil kita sekaligus untuk lebih memahami proses dan langkah-langkah untuk mewujudkan visi kecil kita.

Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri
Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Berikut adalah beberapa tips perbaikan diri untuk membantu Anda meningkatkan diri:

Kembangkan Hobi

Tentu saja, tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menyibukkan diri dengan hiburan dan aktivitas favorit kita. Kenyamanan dan perkembangan membantu kita untuk mengekspresikan perasaan kita dan memotivasi kita untuk memperbaiki diri.

Anda dapat menyisihkan waktu untuk kegiatan positif seperti pengembangan diri, fotografi, menulis, permainan, dan hobi lainnya. Namun, kegiatan tersebut tidak bijaksana dan tidak berlebihan. Terlalu banyak bekerja dapat menyebabkan kebosanan dan kehilangan minat di masa depan.

Tetapkan Tujuan yang Realistis

Salah satu kunci kebahagiaan dalam hidup adalah menetapkan tujuan dan sasaran. Mencapai tujuan tertentu membuat kita merasa sukses setiap kali kita mencapainya.

Apakah Anda bertujuan untuk menurunkan berat badan, menabung apa yang Anda inginkan atau ingin bekerja di perusahaan impian, memiliki tujuan hidup akan membuat Anda tetap termotivasi dan termotivasi.
Untuk menetapkan tujuan tertentu dalam hidup, Anda harus menetapkan tujuan yang realistis. Tujuannya harus jelas, bijaksana, dan tepat waktu, yang dapat dicapai.

Memperkuat Growth Mindset

Hidup selalu penuh dengan kesuksesan dan kegagalan. Kedua peristiwa ini tentu mempengaruhi kesejahteraan psikologis kita – misalnya, ketika kita gagal mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan pemikiran perbaikan diri dengan menerapkan perbaikan diri.

Pemikiran perkembangan selalu berarti percaya bahwa kita dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan kita. Pemikiran perkembangan ini dapat diperkuat dengan mengantisipasi tantangan yang mungkin muncul setiap saat. Artinya, saat menetapkan tujuan, pastikan Anda memikirkan risiko rintangan yang selalu tersembunyi di sepanjang jalan.

Melihat Kegagalan dari Perspektif yang Berbeda

Tentu saja, tujuan yang harus dicapai setiap orang selalu berhasil dan dapat dicapai. Terkadang kita mungkin tidak dapat mencapai tujuan tertentu. Ingat, kegagalan dapat disebabkan oleh sejumlah faktor. Hindari menyalahkan diri sendiri atas kegagalan dan cobalah untuk melihat ke arah lain. Misalnya, mungkin ada peluang yang lebih baik untuk tidak mendapatkan pekerjaan.

Anda juga dapat memberi tahu teman dan kenalan Anda tentang masalah Anda. Mereka dapat memberi Anda perspektif berbeda untuk membantu Anda tetap kuat.

Belajar Menerima Pendapat Orang Lain

Pendapat atau komentar orang lain penting bagi Anda karena Anda bisa mendapatkan komentar yang positif dan membangun. Umpan balik positif dapat berfungsi sebagai insentif bagi Anda untuk lebih termotivasi untuk mencapai tujuan Anda. Sementara itu, umpan balik yang membangun dapat dijadikan sebagai acuan untuk perbaikan dan perbaikan diri.

Apa pun yang Anda lakukan, gunakan umpan balik sebagai cara untuk lebih bersemangat tentang pekerjaan Anda dan jangan meremehkan kinerja Anda.

Berbuat baik

Salah satu cara untuk meningkatkan adalah dengan berbuat baik. Perbuatan baik dapat meningkatkan emosional Anda. Berbuat baik kepada orang lain bukanlah satu-satunya manfaat bagi penerimanya. Sebagai penyedia, Anda juga akan menerima manfaat yang tak ternilai. Misalnya, Anda akan lebih berbelas kasih dan lebih peka terhadap kebutuhan lain. Empati dapat membantu Anda meningkatkan kegembiraan dalam hidup.

Belajar Membuat Daftar tugas

Langkah perbaikan diri ini tampaknya mudah. Namun, dampak peningkatan keterampilan dan produktivitas Anda sangat besar. Daftar tugas dapat menyampaikan “kekhawatiran” Anda tentang menyimpan tugas dan tenggat waktu ke layar kertas atau laptop. Dengan cara ini pikiran Anda akan lebih tenang dan Anda tidak perlu khawatir tentang hal-hal yang membuat Anda cemas.

Selain itu, membuat daftar tugas mengurangi kemungkinan melupakan hal-hal penting. Produktivitas meningkat dan membantu Anda mencapai peningkatan diri. Itulah pembahasan tentang cara self iImprovement yang sudah dijelaskan diatas dan semoga bermanfaat.